GAYA BERKOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN GURU EFEKTIF DALAM INTERAKSI DI KELAS

SUHARNI (2018) GAYA BERKOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN GURU EFEKTIF DALAM INTERAKSI DI KELAS. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Gaya Komunikasi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris selama berinteraksi di dalam kelas dan guru-guru yang efektif menurut pandangan siswa. Penelitian ini menggunakan mix metode. Instrument penelitian ini terdiri dari kuesioner, merekam, dan wawancara. 3 orang guru bahasa Inggris menjadi subjek pada penelitian ini dan 265 siswa SMA Ummul Mukminin Makassar, tahun akademik 2017/2018 sebagai sampel. Hasil penelitian berdasarkan penilaian siswi terhadap guru-guru bahasa Inggris menunjukkan bahwa Wal memperoleh total skor 73,5% yang dikategorikan sebagai guru sangat efektif, WN memperoleh total skor 76,9% yang dikategorikan sebagai guru sangat efektif, dan AS memperoleh total skor 65,2% yang dikategorikan sebagai guru efektif. Guru sangat efektif yang dideskripsikan oleh siswa adalah yang memiliki karakteristik seperti tidak merokok di kelas, selalu mengajar di kelas, memotivasi siswa agar antusias dalam setiap pelajaran, juga mendorong siswa untuk dapat menghafal kosa kata baru dan mengaplikasikannya dalam percakapan. Selanjutnya, penelitian ini mengungkapkan tiga temuan gaya komunikasi yang digunakan oleh guru. Yang pertama adalah agresif, yang kedua adalah asertif dan yang ketiga adalah pasif. Guru bahasa Inggris yang sangat efektif di sekolah ini menggunakan gaya komunikasi agresif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:29
Last Modified: 09 Aug 2018 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10066

Actions (login required)

View Item View Item