PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NEGERI 2 SOPPENG

Nurmila, Nurmila and Syam, Husain and Nurmila, Nurmila (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NEGERI 2 SOPPENG. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3. S211-S220. ISSN 2476-8995

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Imiah Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered.....pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Jurnal Imiah Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered.....pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Similarity Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Similarity Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered.....pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/ptp/index

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran agribisnis tanaman sayuran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ) pada peserta didik kelas XIc Agronomi SMK Negeri 2 Soppeng. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XIc Agronomi SMK Negeri 2 Soppeng yang berjumlah 19 orang dengan rincian 14 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, tes tertulis, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajarn NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XIc Agronomi SMK Negeri 2 Soppeng. Hal ini berdasarkan nilai hasil belajar yang di peroleh peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,26% dengan ketuntasan klasikal 84,21%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 94,68% dengan ketuntasan kelas secara klasikal adalah 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 09 Aug 2018 05:19
Last Modified: 14 Aug 2018 20:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item