Kontribusi Kekuatan Lengan, Kecepatan Reaksi Tangan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar

Iqbal, Muhammad (2018) Kontribusi Kekuatan Lengan, Kecepatan Reaksi Tangan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL PDF.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian "Determinasi". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah ada kontribusi kekuatan lengan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar; (2) Apakah ada kontribusi kecepatan reaksi tangan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar; (3) Apakah ada kontribusi koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar; (4) Apakah ada kontribusi kekuatan lengan, kecepatan reaksi tangan dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar. Populasinya adalah keseluruhan Murid Kelas V dan VI SD Negeri Sudirman III Makassar. Sampel yang digunakan adalah murid putra sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (Simple Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi (r), dan analisis regresi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi kekuatan lengan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar, sebesar 46,9% (Pvalue < 0,05); (2) Ada kontribusi kecepatan reaksi tangan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar, sebesar 48,9% (Pvalue < 0,05); (3) Ada kontribusi koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar, sebesar 44,2% (Pvalue < 0,05); (4) Ada kontribusi kekuatan otot lengan, kecepatan reaksi tangan dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama dengan kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli Murid SD Negeri Sudirman III Makassar, sebesar 67,3% (Pvalue < 0,05); dan nilai F hitung (F) sebesar 17,830.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:55
Last Modified: 06 Aug 2018 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item