PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TAHAPAN DIENES TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Andriani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI TAHAPAN DIENES TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kualitas pembelajaran yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terintegrasi tahapan Dienes dan pengajaran langsung terintegrasi tahapan Dienes siswa kelas IV SD Negeri Rappocini Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi dan sampel penelitian yakni siswa kelas IVa dan kelas siswa IVb keduanya sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik random sample sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terintegrasi tahapan Dienes menunjukkan aktivitas siswa berada pada kategori aktif dengan rata-rata skor 3.34, hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata 72,76 dengan simpangan baku 5.66, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan respons siswa berada pada kategori cenderung positif dengan rata-rata 3.14. Sedangkan penerapan model pengajaran langsung terintegrasi tahapan Dienes menunjukkan aktivitas siswa berada pada kategori aktif dengan rata-rata 3.7, hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 76.32 dengan simpangan baku 4.22, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan respons siswa berada pada kategori cenderung positif dengan rata-rata 3.41. Berdasarkan uji MANOVA, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar, peningkatan hasil belajar dan respon siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe make a match terintegrasi tahapan Dienes dan model pengajaran langsung terintegrasi tahapan Dienes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Aug 2018 01:28
Last Modified: 03 Aug 2018 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item