PATRON KLIEN DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT PETANI DI DESA KAMPALA KABUPATEN JENEPONTO

HASAN, SUDIRMAN (2018) PATRON KLIEN DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT PETANI DI DESA KAMPALA KABUPATEN JENEPONTO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (39kB)

Abstract

Setiap masyarakat mempunyai penilaian yang berbeda mengenai berbagai jabatan dan kedudukan yang ada di dalam masyarakatnya, sehingga suatu kedudukan yang dianggap paling terhormat di suatu masyarakat, mungkin berada di peringkat di bawahnya dalam masyarakat lain, dan yang dianggap rendah di satu masyarakat, mungkin sangat dihormati dalam masyarakat lain.Hubungan patron klien mempunyai ciri-ciri tertentu didalamnya, yaitu terdapatnya ketidaksamaan dalam penukaran, adanya sifat tatap muka dan memiliki sifat yang luwes dan meluas.Masyarakat di desa bekerja sebagai petani, namun lahan yang di garap bukan milik mereka, melainkan milik tuan tanah atau biasa disebut “Karaeng”. Karaeng ini memberikan mereka tempat tinggal, lahan, serta bantuan yang menjadi keperluan petani seperti membantu membiayai sekolah anaknya.Hubungan timbal balik yang terjadi pada patron klien di masyarakat saat ini sudah ada sejak dari dulu dan bertumbuh kembang hingga saat ini. Proses interaksi patron klien dapat dilihat menggunakan teori resiprositas serta menggambarkan pola-pola yang terjadi di dalam masyarakat petani. Kata Kunci : Patron Klien, Masyarakat Petani Kampala

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:33
Last Modified: 01 Aug 2018 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9885

Actions (login required)

View Item View Item