Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar siswa Kelas X SMAN 3 Makassar

WILDAYANI, RIZKY (2018) Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar siswa Kelas X SMAN 3 Makassar. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode gallery walk terhadap motivasi dan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa yang terdiri atas audio, visual, kinestetik, dan kombinasi visual kinestetik kelas X MIA SMA Negeri 3 Makassar pada materi animalia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang tercatat pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 6 rombongan belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas X MIA I sebagai kelompok eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket motivasi, angket gaya belajar, dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk angket motivasi dan tes hasil belajar sedangkan angket gaya belajar diberikan diawal saja. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis uji anacova. Hasil analisis pengujian diperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode gallery walk berpengaruh secara signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa audio, visual, kinestetik, dan visual kinestetik siswa kelas X MIA SMAN 3 Makassar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:47
Last Modified: 31 Jul 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item