Kepemimpinan kepala sekolah SMAK Makassar

Rempe, Yuspin (2018) Kepemimpinan kepala sekolah SMAK Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yang menyangkut tentang Kepemimpinan kepala sekolah SMK Makassar. Adapun ketiga hal tersebut yaitu (i) Gambaran kepemimpinan kepala sekolah di SMAK Makassar ditinjau dari kepribadiannya. (ii) Untuk mengetahui bagaimana manajerial kepala sekolah di SMAK Makassar, dan (iii) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghamabat keterlaksanaan kepemimpinan di SMAK Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dimana peneliti berupaya untuk memahami, mendeskripsikan, menjelaskan dengan teori dalam bentuk kualitatif apa yang diperoleh dari lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kepemimpinan kepala sekolah di SMAK Makassar ditinjau dari kepribadiannya meliputi; (a) jujur dalam pengelolaan anggaran sekolah, (b) percaya, (c) bertanggung jawab, (d) berani mengambil resiko dalam pengambilan keputusan, (e) berjiwa besar, terus berusaha dan bekera keras dalam mengembangkan sekolah, dan (f) emosi stabil, tenang dalam menghadapi masalah dan penyelesaian masalah; (2) Manajerial kepala sekolah di SMAK Makassar yaitu, (a) Kepala sekolah akan melakukan rapat dan musyawarah dalam setiap melakukan perencanaan program sekolah, (b) Kepala sekolah melakukan pengorganisasian dengan cara meberikan tugas kepada bawahannya yang sesuai dengan tupoksinya masing-masing, (c) Kepala sekolah dalam pelaksanaan program, mampu merealisasikan segala program denga baik, (d) Kepala sekolah memonitoring segala bentuk kegiatan sehingga segala bentuk program harus dengan persetujuan kepala sekolah, (e) Kepala sekolah mengevaluasi seluruh kegiatan dengan cara meminta seluruh bukti fisik dan laporan pertanggungjawaban dari program yang telah dilaksanakan (3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghamabat keterlaksanaan kepemimpinan di SMAK Makassar yaitu, (a) Faktor pendukung: kemapuan kepala sekolah secara pribadi, dukungan dari seluruh wakasek dan seluruh guru, budaya sekolah, situasi sekolah, bentuk kerja sama yang baik, ketersediaan anggaran, ketersediaan sarana dan prasaran serta dukungan dari dinas pendidikan dalam menjaga mutu pendidikan dan perindustrian, (b) Faktor penhambat: keterbatasan waktu, kekurangan tenaga ahli dalam bidang IT, deligasi yang masih kurang, dan kondisi senioritas. Kata kunci: Kepemimpinan, manajerial kepala sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:25
Last Modified: 27 Jul 2018 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item