Hubungan Profesionalisme Guru, Pemberian Insentif, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru IPS Honorer SD Negeri di Tiga Kecamatan di Kabupaten Pangkep

YUSUF, ARDIWIJAYA (2018) Hubungan Profesionalisme Guru, Pemberian Insentif, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru IPS Honorer SD Negeri di Tiga Kecamatan di Kabupaten Pangkep. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja guru IPS yang berstatus honorer mencirikan tindakan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam implementasinya maksimal tidaknya kinerja guru dipengaruhi banyak faktor. Profesionalisme guru, pemberian insentif, dan motivasi kerja merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru IPS Honorer. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan profesionalisme guru,pemberian insentif dan motivasi kerja dengan kinerja guru IPS Honorer. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang sifatnya ex post facto. Populasinya adalah seluruh guru honorer yang ada di tiga kecamatan di SD Negeri Kabupaten Pangkep dengan jumlah 42 orang. Secara deskriptif hasil penelitian menujukan bahwa variabel kinerja guru IPS Honorer diperoleh kategori sangat baik 69.05%,profesionalisme guru diperoleh kategori sangat baik 42.29%, pemberian insentif diperoleh kategori sangat baik 64,29%, motivasi kerja diperoleh sangat baik sebesar 57,14%. Dengan analisis korelasi sederhana diketahui, terdapat hubungan antara profesionalisme gurudengan kinerja guru IPSHonorer SD Negeri di Kabupaten Pangkep sebesar0,878, pemberian insentif sebesar 0,870dan motivasi kerja memiliki hubungan sebesar 0,893. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan adanya hubungan secara bersama-sama antara profesionalisme guru, pemberian insentif dan motivasi kerjadengan kinerja guru IPS honorer sebesar 0,898. Besarnya kontribusi variabel profesionalisme guru (X1), pemberian insentif (X2), motivasi kerja (X3) dengan kinerja guru IPS honorer (Y) adalah 80,6% sedangkan sisanya 19,4% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk mengupayakanprofesionalisme guru, pemberian insentif, dan motivasi kerja dengan baik sehingga kinerja guru IPS Honorer SD Negeri di Kabupaten Pangkep akan meningkat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Aug 2018 05:47
Last Modified: 04 Aug 2018 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9775

Actions (login required)

View Item View Item