Penanganan Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini di TK Aisyiyah III lautang Salo (Studi Kasus)

TASMIYATI, TASMIYATI (2013) Penanganan Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini di TK Aisyiyah III lautang Salo (Studi Kasus). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
TASMIYATI.docx

Download (548kB)

Abstract

ABSTRAK TASMIYATI. Penanganan Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini di TK Aisyiyah III lautang Salo (Studi Kasus). Dibimbing oleh A. Mansyur Hamid dan Parwoto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran efek sosial perilaku hiperaktif di TK Aisyiyah III Lautang Salo Sidrap ? (2) bagaimana upaya penanganan perilaku hiperaktif yang dilakukan oleh guru di TK Aisyiyah III Lautang Salo Sidrap? (3) bagaimana upaya penanganan perilaku hiperaktif yang dilakukan oleh orangtua dirumah? Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran efek sosial perilaku hiperaktif di TK Aisyiyah III Lautang Salo Sidrap . (2) untuk mengetahui upaya penanganan perilaku hiperaktif yang dilakukan oleh guru di TK Aisyiyah III Lautang Salo Sidrap dan (3) untuk mengetahui upaya penanganan perilaku hiperaktif yang di lakukan oleh orangtua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru di TK Aisyiyah III Lautang Salo Sidrap dan orangtua di rumah, melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efek sosial perilaku hiperaktif, sebagai berikut: Suatu pola perilaku yang berdampak pada lingkungan sekitar anak terutama di sekolah, misalnya pada saat tiba disekolah, proses pembelajaran baik dilaksankan di dalam dan di luar kelas, bermain, sehingga perilaku-perilaku yang sering muncul di mana sering menganggu teman, tidak fokus dan sulit memusatkan perhatian, sulit diam dan sulit meyelesaikan tugas tepat waktu, dan hanya berlangsung kurang lebih tiga menit pada setiap kegiatan yang diberikan sampai pulang sekolah. (2) upaya guru dalam menanngani anak berperilaku hiperaktif: guru sebagai pembimbing dengan mempersiapkan pembelajaran, mengatur posisi tempat didalam dan diluar kelas, memberikan instruksi/informasi yang jelas, memberikan konsekuensi negatif dan positif serta pendampingan dan pengawasan agar supaya anak berperilaku hiperaktif dapat berperilaku terarah sehingga dapat berhasil dan berkembang di masa yang akan datang, (3) upaya orangtua dalam menanngani anak berperilaku hiperaktif dirumah, suatu pola perilaku yang dilakukan oleh orangtua dengan memberikan pengaruh pada anak di dalam pola pengasuhan, pola pemberian makanan dan pola kasih sayang, sehingga dapat menguranngi perilaku hiperaktif anak serta dapat mempengaharui pertumbuhan dan perkembangan anak di mana harapan orang tua terhadap anaknya yang lebih baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:00
Last Modified: 21 Jul 2016 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item