EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA KELAS X MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 4 PANGKEP

Purwandira, Ayu (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA KELAS X MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 4 PANGKEP. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
JURNAL AYU.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan metode demonstrasi pada kelas X mata pelajaran kearsipan di sekeloh tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 4 Pangkep dalam menerapkan metode demonstrasi telah melakukan tahap persiapan dengan cukup baik. Selain tahap persiapan adapun tahap pelaksanaan yang terdiri dari langkah pembukaan dan langkah pelaksanaan. Pada langkah pembukaan guru masih melewatkan beberapa kegiatan yang cukup mempengaruhi jalannya proses demonstrasi, oleh sebab itu pada langkah pembukaan dikatakan masih belum cukup baik. Namun hal tersebut berbading terbalik dengan langkah pelaksanaan yang telah dilakukan dengan baik, kegiatan-kegiatan pada langkah ini dilakukan secara optimal. Pada tahap akhir yaitu tahap mengakhiri, pemberian tugas dan juga evaluasi juga dilakukan dengan cukup baik. Sehingga dari hasil penilaian secara keseluruhan dimulai dari tahap pembukaan, kemudian tahap pelaksanaan dan terakhir pada tahap mengakhiri metode demonstrasi pada mata pelajaran kearsipan kelas X di SMK Negeri 4 Pangkep telah berjalan dengan cukup efektif. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Dan Tahap Mengakhiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Aug 2018 05:46
Last Modified: 04 Aug 2018 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item