PERBANDINGAN METODE BELAJAR DEMONSTRATIF DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS PADA OLAHRAGA SEPAKTAKRAW SISWA SMP NEGERI 3 BARRU

ADAM, FAUZIAH REZKI (2018) PERBANDINGAN METODE BELAJAR DEMONSTRATIF DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS PADA OLAHRAGA SEPAKTAKRAW SISWA SMP NEGERI 3 BARRU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
FAUZIAH REZKI 1.pdf

Download (49kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan metode belajar demonstratif dan metode belajar ceramah terhadap hasil belajar servis dalam olahraga sepak takraw pada siswa SMP Negeri 3 Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMP Negeri 3 Barru. Sampel yang digunakan terbagi atas 2 kelompok, dimana kelompok metode demonstratif berjumlah 20 siswa dan kelompok metode ceramah berjumlah 20 siswa maka total sampel berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes servis bola takraw. Pengolahan data penelitian adalah menggunakan statistik deskriptif sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan adalah t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Melalui pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut (1) Hasil belajar servis menggunakan metode demonstratif dalam olahraga sepak takraw pada siswa SMP Negeri 3 Barru sebesar 0.893 atau 89,3% (2) Hasil belajar servis menggunakan metode ceramah dalam olahraga sepak takraw pada siswa SMP Negeri 3 Barru sebesar 0.877 atau 87,7% (3) Kedua variabel memiliki pengaruh terhadap hasil belajar servis dalam olahraga sepak takraw pada siswa SMP Negeri 3 Barru, namun pengaruh yang paling besar diperoleh dari variabel metode demonstratif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:47
Last Modified: 18 Jul 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9706

Actions (login required)

View Item View Item