SENYUM TULUS DAN SENYUM TIDAK TULUS DALAM PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Pratiwi, Fitriani Ayu (2018) SENYUM TULUS DAN SENYUM TIDAK TULUS DALAM PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Senyum karyawan merupakan hal penting yang ditampilkan ketika memberikan pelayanan karena akan menimbulkan perasaan puas dan tidak puas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan senyum tulus dan senyum tidak tulus dalam pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Partisipan penelitian berjumlah 112 mahasiswa aktif Universitas Negeri Makassar, berusia 18-24 tahun, dan minimal satu kali dalam seminggu mendatangi rumah makan/restoran. Penelitian ini adalah true experiment dengan desain eksperimen between participant independent variable with three condition. Hipotesis dianalisis dengan menggunakan Kruskal-Wallis test dan Mann-Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kepuasan konsumen dilihat dari tipe senyum p = 0,000 (p < 0,05). Tipe senyum dalam hal ini adalah senyum tulus, senyum tidak tulus, dan tanpa senyum. Partisipan yang mendapatkan narasi senyum tulus memiliki tingkat kepuasan konsumen yang tinggi dibandingkan pada partisipan yang mendapatkan narasi senyum tidak tulus dan tanpa senyum. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, maka karyawan perlu menampilkan senyum tulus ketika melayani konsumen. Kata kunci: Kepuasan konsumen, Senyum tulus, Senyum tidak tulus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:40
Last Modified: 02 Aug 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item