Kemampuan Menulis Puisi Bugis dengan Mengunakan Aksara Lontaraq SMP Negeri 1 barru

Aniswara., Riska (2018) Kemampuan Menulis Puisi Bugis dengan Mengunakan Aksara Lontaraq SMP Negeri 1 barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RISKA ANISWARA 1555045011.pdf

Download (76kB) | Preview

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk medeskripsikan kemampuan menulis puisi bugis dengan menggunakan aksara lontaraq kelas VIII SMP Negeri 1 Barru tahun ajaran 2016/2017 berumlah 326 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII3. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes . Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriktif kuantitatif. Aspek penilaian kemampuan menulis puisi bugis dengan menggunakan aksara lontaraq SMP Negeri 1 Barru ada 7 yaitu Diksi, aspek pengimajan, aspek kata konkret , aspek tipografi , perasaan penyair (felling), aspek nada,dan aspek amanat. Siswa dikayakan mampu apabila memiliki penguasaan dari setiap aspek yaitu 75%. Rendahnya tingkat kemampuan menulis puisi bugis dengan menggunakan aksara lontaraq siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barru,kurang mahirnya siswa dalam belajar bahasa daerah, guru dan siswa terkadang hanya fokus kepada kelancaran siswa dalam membaca aksara lontarq tanpa memperhatikan pemahaman siswa terhadap menulis puisi dengan aksara lontaraq. Oleh karena itu,guru harus melakukan inovasi-inovasi dalam menarik minat belajar siswa. Salah satunya dengan meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar disekolah khususnya dalam belajar bahasa daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:52
Last Modified: 17 Jul 2018 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9662

Actions (login required)

View Item View Item