Implementasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja.

SOCARINI, SOCARINI (2015) Implementasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SOCARINI..doc

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK SOCARINI. Implementasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. (Dibimbing oleh Hanafie Mahtika dan Ratmawati Tajuddin). Implementasi manajemen sekolah yang sesuai dengan standar harus diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Implementasi manajemen sekolah tersebut akan berjalan efektif jika dipengaruhi oleh beberapa faktor. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan gambaran implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan siswa yang dipilih secara purposif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan yang mengikuti teknis analisis data. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale: (a) Dalam bidang kesiswaan, telah memiliki perencanaan yang matang namun pada pelaksanaan dan evaluasi belum optimal. (b) Dalam bidang kurikulum, pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/evaluasi pembelajaran telah terlaksana namun belum optimal. (c) Dalam bidang pendidik dan tenaga kependidikan, pada tahap perencanaan dan pengadaan, serta pembinaan kurang optimal. Promosi dan mutasi bagi guru dan pegawai terjadi sesuai dengan kebutuhan sekolah. (d) Dalam bidang sarana dan prasarana, telah dilakukan perencanaan sesuai dengan kebutuhan sekolah dan pencatatan/pendataan secara optimal, namun belum optimal dalam pengadaannya karena keterbatasan dana dari sekolah dan pemerintah. (e) Dalam bidang keuangan, telah dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan secara optimal namun sering mengalami kendala dalam pencairan dana-dana tersebut sehingga pelaporannya juga tidak tepat waktu. (f) Dalam budaya dan lingkungan sekolah, telah optimal dalam penataan lingkungan sekolah namun belum optimal dalam pelaksanaan kode etik siswa dan guru/pegawai. (g) Peran serta masyarakat sudah terlaksana dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi namun belum optimal. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Makale yaitu: disiplin siswa, mutu guru, kinerja kepala sekolah, dan sarana prasarana. ABSTRACT SOCARINI. 2014. Implementation of School Management at SMP Negeri 2 Makale in Tana Toraja District. (Supervised by Hanafie Mahtika and Ratmawati Tajuddin) The study aims at examining (1) the implementation of school management at SMPN 2 Makale in Tana Toraja District, (2) the factors which influence the implementation of school management at SMPN 2 Makale in Tana Toraja District. The study is a descriptive qualitative research. The data sources of the study were the principal, vice principal, teachers, school committee, and students who were taken purposively. Data were collected through interview, observation, and documentation. Data were analyzed by conducting data reduction, data presentation, and conclusion. Data were validated through with triangulation and member check. The results of the study revealed that (1) the implementation of school management at SMPN 2 Makale: (a) the student affairs had good planning but the impelementation and evaluation were not yet optimal, (b) the curriculum affairs had conducted the planning, implementation, and evaluation of learning but not yet optimal, (c) the education and educators affairs were conducted less optimal on the planning and procurement as well as development. Promotion and mutation for teachers and staff were based on the needs, (d) the facility and infrastructure affairs, the planning was appropriate to the needs of school and optimal recording, but the procurement was not optimal yet due to lact of fund from school and government, (e) the finance affairs had conducted the planning, implementation, and report optimally, but often had constraints of disbursement of funds which made the report was not on time, (f) the culture and environment of school was optimal in managing the environment, but not yet optimal in implementing the ethic code of students and teachers/staff, (g) the roles of people had been conducted on the planning, implementation, and evaluation, but not yet optimal; (2) the factors which influence of the implementation of school management at SMPN 2 Makale were discipline of students, the quality of teachers, the performance of the principal, and facility and infrastructure.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:34
Last Modified: 15 Jul 2016 08:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item