Implementasi Nilai- Nilai Budaya “Mesa Kanne” Dalam Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Negeri 1 Polewali.

SABRI, SABRI (2015) Implementasi Nilai- Nilai Budaya “Mesa Kanne” Dalam Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Negeri 1 Polewali. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SABRI..docx

Download (521kB)

Abstract

ABSTRAK SABRI. 2014 Implementasi Nilai- Nilai Budaya “Mesa Kanne” Dalam Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Negeri 1 Polewali. (Dibimbing oleh Alimuddin Mahmud dan Marsus Suti). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan prinsip-prinsip implementasi nilai- nilai budaya “mesa kanne” dalam pendidikan karakter bagi siswa yang dilaksanakan dalam manajemen pembelajaran di sekolah SMA Negeri 1 Polewali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari sumber data yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan telaah dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi dan member check. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai- nilai budaya “mesa kanne” dalam pendidikan karakter bagi siswa di SMA Negeri Polewali telah dapat diimplementasikan secara baik, itu dapat diketahui pada saat guru menerapkan prinsip – prinsip implementasinya di sekolah yaitu dengan adanya pembagian kerja secara profesional, semangat kebersamaan dan ikhlas bekerja. pelaksanaan kesatuan arah kebijakan, kejelasan tugas dan tanggung jawab, Hal yang sama dalam penerapan mekanisme manajemen pembelajaran berupa penyusunan program, rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus dan RPP yang diadalamnya tercamtum program tahunan, semester, dan pecan efektif kemudian melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu meliputi membuka pelajaran, kegiatan inti, dan menutup pelajaran. Faktor – faktor yang mendukung implementasi prinsip yaitu :Adanya motivasi dan komitmen kepala sekolah dan guru untuk selalu berusaha menerapkan prinsip-prinsip implementasi, adanya kegiatan sosialisasi yang baik dilakukan oleh pihak sekolah, dan adanya komunikasi dan kerjasama serta musyawarah antar guru yang baik di sekolah. Sedangkan faktor – faktor yang menghambat implementasi mekanisme nilai-nilai budaya “mesa kanne” dalam pendidikan karakter yaitu : Tugas dan dan tanggun jawab belum dilaksanakan secara baik, Rendahnya sumber daya manusia memahami budaya dan penggunaan bahasa mandar secara baik, untuk mengimplementasikan nilai-nilai budaya “mesa kanne” dalam pendidikan karakter bagi siswa dalam manajemen pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:34
Last Modified: 15 Jul 2016 08:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item