Keefektifan Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

MARSUKI, MARSUKI (2013) Keefektifan Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MARSUKI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MARSUKI. Keefektifan Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai (dibimbing oleh Mansur Hamid dan Abdul Salam) Pendidikan anak usia dini diimplementasikan melalui jenjang pendidikan prasekolah atau taman kanak-kanak. Pendidikan taman kanak-kanak yang peduli terhadap peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan anak usia dini adalah Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai dengan memperhatikan efektifitas pengelolaannya. Inilah yang menjadi perhatian penelitian saya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan persoalan pokok pada bagaimana gambaran keefektifan pengelolaan Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai dengan aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, motivasi, dan penilaian. Sasaran penelitian ini adalah bagaimana efektifnya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, motivasi, dan penilaian terhadap pengelola TK Negeri Pembina, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai yang terdiri atas 10 orang guru, seorang kepala sekolah, seorang kelapa seksi PAUD, dan seorang kepala seksi ketenagaan Dinas Pendidikan dan Pemuda Kabupaten Sinjai. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan pengelolaan pendidikan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten sinjai berada pada kategori sangat baik dan (2) dari hasil wawancara dengan tiga narasumber, ada yang sesuai dengan maksud pertanyaan, namun ada juga yang tidak sesuai dengan maksud pertanyaan, seperti pertanyaan masalah kedisiplinan, pemberian penghargaan kepada guru, dan model kepemimpinan kepala sekolah. ABSTRACT MARSUKI. The Effectiveness of Learning Management at Guide State Kindergarten Northern Sinjai Subdistrict, Sinjai District (guided by Mansur Hamid and Abdul Salam) Education for early childhood is implemented through preschool or kindergarten. education that cares abaut the quality improvement of early childhood is Pembina Public Kindergarten at North Sinjai subidistrict in, Sinjai district by focusing on management efectiveness. The study is a descriptive-qualitative research witch examines the description of the effectiveness of management of Pembina Public Kindergarten at North Sinjai subdistrict in Sinjai district with the aspects of the planning, organization, implementation, monitoring, motivation, and evaluation. The samples of the study were 10 teachers, the principle, the head of PAUD, and the section head of Youth and Sports Education in Sinjai. Data were collected by conducting interview observation, and documentation. Data were the analyzed using Mils and Huberman model. The results reveal that (1) the effectiveness of management of pembina Public Kindergarten at North Sinjai subdistrict in Sinjai district is in extremely good category and (2) based on the result of the interviewed from the three sources, some were appropriate with the questions and some were not such as discipline, appreciation to teachers, and leadership model of the principle

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:33
Last Modified: 15 Jul 2016 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item