Manajemen Pembelajaran Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kabupaten Majene

MARJANAH, MARJANAH (2013) Manajemen Pembelajaran Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kabupaten Majene. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MARJANAH.docx

Download (15kB)

ABSTRAK MARJANAH, Manajemen Pembelajaran Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kabupaten Majene (Dibimbing oleh Andi Agustang dan Chalid Imran Musa). Salah satu bahagian dari manajemen pendidikan adalah manajemen pembelajaran, yang sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran yang dimulai pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Sasaran dari manajemen pembelajaran ini adalah terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas sehingga akan memberikan kontribusi terhadap kualitas pendidikan secara umum. Dalam pembelajaran agama Islam pada tingkat Sekolah Menengah Atas masih terpokus pada pengembangan kemampuan kognetif sedangkan pengembangan afektif dan psikomotorik masih kurang, serta lemahnya kemampuan guru dalam pengembangan tujuan pembelajaran. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif termasuk jenis penelitian deskriftif yang berusaha mengungkap fenomena yang berdasarkan fakta-fakta, sekaligus dapat menjabarkan kondisi kongkrit dari obyek penelitian yang akan dihubungan dengan fokus penelitian. Prosedur pengumpulan data di lapangan berlandaskan pada prosedur penelitian dengan menempuh tiga tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian yaitu pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai tahap terakhir yaitu penganalisaan data dengan langka awal melakukan pengumpulan data, reduksi data selanjutnya penyajian data, dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan data. Hasil analisa data menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran agama Islam pada SMA Negeri di Kabupaten Majene dilaksanakan guru dengan tetap mengacu pada pemahaman bahwa manajemen pada dasarnya adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian, dengan keyakinan bahwa manajemen pembelajaran yang benar, akan dapat memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, mempermudah guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Melalui perencanaan mata pelajaran PAI, guru memulainya dengan pembuatan Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan di akhiri dengan pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang tertuang langka-langka pembelajaran yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang ada di RPP di lakukan penilaian pembelajaran secara menyeluruh pada semua aspek (kognetif, psikomotor, dan afektif). Abstract MARJANAH 2013 Islamic Learning Management at Publik Senior High Schools in Majene Distruct ( supervised by Andi Agustang and Chalik Imran Musa). One part of education management is learning management which related to the implementation of teacher’s duty started from planning the lesson phase, the implementation of learning, and assessment of learning. The target of the learning management is the implementation of quality learning which contributes on quality of education in general Islamic learning on the level of senior high school still focuses on the development of cognitive development, whereas, the affective competence and psychomotor competence are still lack as well as weak competence of teacher in developing the objectives of learning. Based on those findings, the objectives of the research are to analyze the planning, implementation, and assessment of Islamic subject at public senior high schools in Majene district. The research employed qualitative approach with descriptive type of the research which intended to reveal the phenomenon based on the facts as well as explained the concrete condition in the research object related to the focus of the research.The procedure in collecting the data phase, the implementation phase which collected the data by employing interview method observation, data presentation, and conclusion. The results of data analysis revealed that Islamic learning management at public senior high schools in Majene district was conducted by the teacher by referring to the understanding that managementis the process of planning, organization, implementation, and assessment with a belief that the right learning management would be able to facilitate teachers in achieving the learning objectives, implementing and assessing the learning. In planning the Islamic lesson, teacher started by creating the lesson plan, the implementation of learning was adjusted with the lesson plan which stated in learning steps such as pre-activity, and closing activity. In order to discover the achievement of learning objective on the lesson plan, learning assessment was conducted overall in all aspects of learning ( cognitive, psychomotor, and affective).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:33
Last Modified: 15 Jul 2016 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item