Hasanuddin, Fenny (2018) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
abstrak fenny.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D)yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi yang valid, praktis dan efektif bagi siswa Sekolah Menegah Atas. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi modul pembelajaran, angket respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik bersifat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori "Valid". Modul pembelajaran dikatakan praktis karena siswa dan guru memberikan respon sangat positif terhadap modul pembelajaran. dan dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu tes hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar 95%. Kata kunci:modul biologi, sistem reproduksi, pedekatan saintifik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 07:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 07:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9537 |
Actions (login required)
View Item |