Penggunaan Podcast untuk Meningkatkan Pemahaman Menyimak dalam Kelas Bahasa Inggris

NAJMAWATI, ANDI (2018) Penggunaan Podcast untuk Meningkatkan Pemahaman Menyimak dalam Kelas Bahasa Inggris. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah penggunaan podcast meningkatkan pemahaman menyimak siswa atau tidak, (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan podcast dalam belajar keterampilan menyimak, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara pemahaman menyimak siswa dan sikap siswa setelah menggunakan podcast. Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pangkep pada tahun ajaran 20172018. Penelitian ini menggunakan sampel acak. Sampel dalam penelitian terdiri dari 60 orang siswa yang terdapat dalam dua kelompok; 30 siswa di kelompok kontrol dan 30 siswa di kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan uji menyimak dan kuisioner secara online melalui smartphone siswa sendiri yang dianalisa secara deskriptif dan statistik inferensial melalui program SPSS versi 22.0 untuk program Windows. Hasil posttest pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan daripada hasil posttest kelompok kontrol dengan rata-rata 78.88 > 46.66. Perbedaan dari kedua skor secara statistik signifikan berdasarkan uji-t pada level signifikansi 0.05 dimana nilai probabilitas lebih rendah dari tingkat signifikansi (0.00 < 0.05). Nilai rata-rata sikap siswa adalah 79.20 dan dikategorikan positif. Setelah melalui seluruh tahap penelitian, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara pemahaman menyimak siswa dan sikap siswa setelah menggunakan podcast. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan podcast efektif meningkatkan pemahaman menyimak siswa; siswa memberikan respon yang positif dalam belajar keterampilan menyimak menggunakan podcast; dan pemahaman menyimak tidak memberikan efek dominan pada sikap siswa setelah penggunaan podcast. Dalam hal ini, faktorfaktor lainnya yang kemungkinan berperan dominan yaitu budaya, minat, kemampuan kognitif, motivasi, metode belajar, dan factor lainnya dari subyek penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:50
Last Modified: 12 Jul 2018 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9535

Actions (login required)

View Item View Item