Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengajaran terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar negeri Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara

ESTHER MINNA, ’ PALAMBANG (2013) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengajaran terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar negeri Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ESTHER MINNA’ PALAMBANG,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ESTHER MINNA’ PALAMBANG, 08502122, Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengajaran terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar negeri Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara (dibimbing oleh H. Amiruddin Tawe dan Andi Agustang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi pengajaran dan motivasi kerja guru, serta untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan supervisi pengajaran terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 102 guru, adapun teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti adalah teknik sampling berimbang (proportional sampling) dan random sampling dengan jumlah 51 orang. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka digunakan metode pengumpulan data yakni melalui kuesioner yang diberikan kepada responden untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan supervisi pengajaran dan motivasi kerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan rumus analisis regresi sederhana. Untuk menguji hiipotesis digunakan uji regresi dan korelasi sederhana dan untuk menentukan besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat maka digunakan koefisien determinasi R2. Kesimpulan hasil penelitian yng diperoleh yaitu pelaksanaan supervisi pengajaran dalam kategori positif, tingkat motivasi kerja guru dalam kategori tinggi, dan ada pengaruh positif yang signifikan pelaksanaan supervisi pengajaran terhadap motivasi kerja guru di SDN. Kecamatan Kesu’ Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara. ABSTRACT ESTHER MINNA’ PALAMBANG, 08502122, Instruction Supervision Execution Influence Towards Teacher Work Motivation at District Country Elementary School Kesu’ Sanggalangi Regency Toraja North (guided by H. Amiruddin Tawe and Andi Agustang) Aim that want achieved form this watchfulness detects instruction supervision execution description and teacher work motivation at District Country Elementary School Kesu’ Sanggalangi Regency Toraja North, with to detect instruction supervision execution influence towards teacher work motivation at District Country Elementary School Kesu’ Sanggalangi Regency Toraja North, to apply aim so used data collectiong method that is pass; observation, distribution kuesioner, interview and documentation, with take sample in teachers at district country elementary school Kesu Sanggalangi Regency Toraja North, by using descriptive statistics analysis and statistics analysis inferensial that cultivated by using program SPSS version 17. Analysis result that done to show that instruction supervision execution at SDN District Kesu’ Sanggalangi Regency Toraja North done intensively and objective. Then teachere work motivational level at SDN District Kesu’ Sangga;angi Regency Toraja North in tall category, because subsidized by teacher accomplishment in do study. There positive influence significant between instruction supervision execution towards teacher work motivation at SDN District Kesu’ Sanggalangi Regency Toraja North. Thereby more intensiveer teacher crane motivation excelsior instruction supervision execution.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:33
Last Modified: 15 Jul 2016 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item