Syafitri.A, Jumriani Eka (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Kelas X Ak SMK Negeri 4 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JUMRIANI.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pengantar akuntansi keuangan kelas X Ak 3 SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) (X) dan Hasil Belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa jurusan akuntansi kelas X Ak di SMK Negeri 4 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian yaitu kelas X Ak 3 yang berjumlah 33 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus pertama, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 8 orang atau 24,24% dari 33 orang siswa secara individual, persentase ketuntasan termasuk dalam kategori sangat rendah. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh sebesar 67,30%. Sedangkan pada siklus kedua, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 29 orang atau 87,88% dari 33 orang siswa secara individual, persentase ketuntasan termasuk dalam kategori tinggi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh sebesar 81,25%. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar pengantar akuntansi keuangan. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Model Problem Based Learning PBL), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 05:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2018 05:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9502 |
Actions (login required)
View Item |