Pengaruh Berpikir Divergen, Metakognisi, dan Efikasi Diri terhadap Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA di Watampone

ZAKYAH, NUR (2018) Pengaruh Berpikir Divergen, Metakognisi, dan Efikasi Diri terhadap Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA di Watampone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2. ARTIKEL.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kemampuan berpikir divergen, metakognisi, dan efikasi diri terhadap pemecahan masalah dan pemahaman konsep Matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lima instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir divergen, skala pengukuran metakognisi, skala pengukuran efikasi diri, tes pemecahan masalah dan tes pemahaman konsep matematika. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis MANOVA melalui software R Statistic. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone dikategorikan baik dengan skor rata-rata 65,48 dan simpangan baku 10,12. Metakognisi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 60,92 dan simpangan baku 9,98. Efikasi diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 57,73 dan simpangan baku 10,18. Pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone dikategorikan rendah dengan skor rata-rata 59,91 dan simpangan baku 11,94. Pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Watampone dikategorikan sedang dengan skor ratarata 65,53 dan simpangan baku 9,99. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen dan metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika. Sedangkan efikasi diri tidak berpengaruh positif terhadap pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika. Secara simultan, kemampuan berpikir divergen, metakognisi, dan efikasi dir berpengaruh positif terhadap pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci: Berpikir Divergen, Metakognisi, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:21
Last Modified: 11 Jul 2018 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item View Item