WAHYUNENSI, RAHMA (2018) Penilaian Diagnostik Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar dalamPengambilan KeputusanIntruksional. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL_161050701049_RAHMA WAHYUNENSI.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
TujuanPenelitianiniadalahuntuk mengetahui penilaian diagnostik hasil belajar matematika materi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan seperti apa keputusan instruksional yang dapat diambil berdasarkan hasil tes diagnostiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif yang mengidentifikasihasiltesdiagnostikberdasarkanatributkognitifnya. Penelitian ini menggunakan 4 jenis instrumen, yaitu: (1) Tes Diagnostikkognitif; (2) Pedomanpenilaiandiagnostik; (3) Rumusan alternative pengambilankeputusan; (4) Pedomanwawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh (1) Ketidaktuntasan kategori pertama yaitu: pemahaman konseptual sifat-sifat bilangan berpangkat, kemampuan mengoperasikan bilangan berpangkat, kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.; (2) Ketidaktuntasan kategori kedua yaitu: kemampuan mengoperasikan bilangan berpangkat, pemahaman konseptual sifat-sifat bentuk akar, kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.; (3) Ketidaktuntasan kategori ketiga yaitu: pemahaman konseptual sifat-sifat bilangan berpangkat, kemampuan mengoperasikan bilangan berpangkat, kemampuan mengoperasikan bentuk akar, dan kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.;(4)Ketidaktuntasan kategori empat yaitu: pemahaman konseptual sifat-sifat bentuk akar, kemampuan mengoperasikan bentuk akar, dan kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar. dan (5) Ketidaktuntasan kategori kelima yaitu: pemahaman konseptual sifat-sifat bilangan berpangkat, kemampuan mengoperasikan bilangan berpangkat, pemahaman konseptual sifat-sifat bentuk akar, kemampuan mengoperasikan bentuk akar, dan kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar. Pengambilan keputusan instruksional untuk subyek yang tidak tuntas atribut kognitif terkait bilangan berpangkat, akan mengikuti remedial dalam kelompok "Tidak Tuntas bilangan berpangkat", sedangkan yang tidak tuntas pada atribut kognitif yang terkait bentuk akar, akan mengikuti remedial dalam kelompok "Tidak Tuntas bentuk akar". Keywords: profil, tesdiagnostik, atributkognitif, bilanganberpangkatdanbenrukakar, pengambilankeputusaninstruksional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 02:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 02:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9485 |
Actions (login required)
View Item |