Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Enrekang

Meiliati, Rafika (2018) Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN RAFIKA.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Enrekang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian sebanyak 120 siswa yang di ambil dengan menggunakan teknik stratified random proportional sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan empat instrumen, yaitu (1) tes hasil Belajar Matematika, (2) angket Motivasi Belajar,(3) angket Self Efficacy, dan (4) angket Self Reglated Learning. Data dianalisis dengan menggunakan statitistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Pengelolahan data dilakukan dengan bantuan program statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah, (2) self efficacy siswa berada pada kategori tinggi, (3) self regulated learning siswa berada pada kategori tinggi, (4) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (5) motivasi belajar siswa secara langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap self regulated learning, (6) self efficacysiswa secara langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap self regulated learning, (7) motivasi belajar siswa secara langsung tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, (8) self efficacy siswa secara langsung berpengaruh negatif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, (9) self regulated learning siswa secara langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, (10) motivasi belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui variabel self regulated learning, (11) self efficacy berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui variabel self regulated learning, (12) motivasi belajar dan self efficacy berpengaruh secara simultan terhadap self regulated learning, (13) motivasi belajar, self efficacy, dan self regulated learning berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci : Ex-post facto, motivasi belajar, self efficacy, self regulated learning dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:46
Last Modified: 10 Jul 2018 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item