Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar

NURHARTINA, ANDI (2018) Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. ARTIKEL TESIS.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk (i) mengetahui gambaran pelaksanaan metode outdoor learning pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar, (ii) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 kota Makassar, (iii) mengetahui pengaruh pelaksanaan metode outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 48 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 siswa, 22 siswa kelas IVA dan 21 siswa kelas IVB. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok control dilakukan dengan teknik systematic random sampling. Instrumen penelitian ini ialah rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa serta instrument angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) Pelaksanaan metode ourdoor learning dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV dilaksanakan melalui 10 tahapan, di mana hasil observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik; (ii) Motivasi belajar IPS siswa kelas IV setelah penerapan metode outdoor learning dalam pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar, di mana hasil belajar berada pada kategori tinggi; (iii) Ada pengaruh pelaksaan metode outdoor learning terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV MIN 1 Kota. Kata Kunci : Metode outdoor learning dalam pembelajaran dan motivasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2018 05:16
Last Modified: 09 Jul 2018 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9468

Actions (login required)

View Item View Item