RAMADHAN M, ANDI MUH. NUR QADRI (2018) Kemampuan Berpidato Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ANDI MUH. NUR QADRI R. M. (1655045011) ARTIKEL.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpidato bahasa Bugis siswa kelas IX SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng dengan empat aspek penilaian yaitu: (1) lafal; (2) intonasi; (3) ekspresi; dan (4) isi pidato. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Watansoppeng yang berjumlah 123 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara diundi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpidato bahasa Bugis siswa kelas IX SMP Negeri 3 Watansoppeng dengan empat aspek penilaian yaitu: (1) aspek lafal terdapat 51 siswa atau 52,58% dinyatakan mampu; (2) aspek intonasi terdapat 47 siswa atau 47,45% dinyatakan mampu; (3) aspek ekspresi terdapat 24 siswa atau 24,27% dinyatakan mampu; (4) aspek penyampaian isi pidato terdapat terdapat 66 siswa atau 68,04 % dinyatakan mampu; dan secara umum terdapat 29 siswa atau 29,9 % yang dinyatakan mampu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa baik secara peraspek maupun secara umum belum mencapai 85% siswa yang mampu, sehingga kemampuan berpidato bahasa Bugis siswa kelas IX SMP Negeri 3 Watansoppeng dinyatakan tidak mampu. Kata Kunci: Kemampuan, Berpidato, Bahasa Bugis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 01:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 01:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
View Item |