Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Standar Proses di SMP Negeri 1 Barru

ABDUL, ZAKARIA (2015) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Standar Proses di SMP Negeri 1 Barru. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABDUL ZAKARIA.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ABDUL ZAKARIA. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Standar Proses di SMP Negeri 1 Barru (dibimbing oleh Sulaiman Samad, dan M. Ali Latief). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaran berbasis standar proses di SMP Negeri 1 Barru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data empat guru mata pelajaran yang diujinasionalkan yaitu: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA di SMP Negeri 1 Barru, yang ditetapkan secara purposive sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, paparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengabsahan data dilaksananakan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis standar proses pada dimensi persyaratan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Barru belum memenuhi standar proses terutama pada indikator jumlah siswa dalam satu rombongan belajar, rasio buku dengan siswa. Untuk beban kerja guru sudah memenuhi beban kerja 24 jam sesuai dengan standar proses. Pelaksanaan proses pembelajaran berbasis standar proses di SMP Negeri 1 Barru sudah memenuhi semua kriteria pelaksanaan pembelajaran, namun pengimplementasian eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi pada RPP belum tersurat, tetapi pada dasarnya sudah dilaksanakan untuk pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran berbasis standar proses di SMP Negeri 1 Barru belum memenuhi standar proses terutama pada indikator mekanisme dan prosedur penilaian, penilaian oleh pendidik dan penilaian oleh satuan pendidikan. Mengenai mekanisme dan prosedur penilaian yaitu guru belum menyampaikan hasil ulangan harian sebelum diadakan ulangan harian berikut, serta bentuk tindak lanjut pada siswa setelah ulangan yang belum terprogram. Untuk penilaian oleh pendidik yaitu guru belum mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik. Dan untuk penilaian oleh satuan pendidikan yaitu guru menentukan KKM belum sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari Pusat Kurikulum untuk menentukan KKM yang harus memperhatikan tiga aspek yaitu karakteristik mata pelajaran, daya dukung sekolah dan intake (kemampuan awal) siswa. ABSTRACT ABDUL ZAKARIA. The Application of Process Standard based Teaching and Learning at SMP One Barru (Supervised by Sulaiman Samad, and M. Ali Latief). This is research aims to describe: the fulfillment of the application teaching and learning, the application teaching and learning, assessment of process standard based teaching and learning at SMP One Barru. This is a qualitative research, that explored to four teachers of national examination subjects, they are; Mathematics, Indonesian Language, English, and Science at SMP One Barru specified by purposive-sampling. The data obtained by interview, observation, and documentation. Then data analyzed by data collection, data reduction, and conclusions drawing/verification. While data test credibility for prolonged engagement, persistent observation, and triangulation. Findings on this research are; The Application of Process Standard based Teaching and Learning at SMP One Barru is not on process standard fulfillment yet, mainly in the member of students in one class, ratio of book compared with member of students. For the teachers’ time allotment, it has been required. The Application of Process Standard based Teaching and Learning at SMP One Barru has been fulfill all of the items, but the implementation exploration, elaboration, an confirmation of lesson plan that suitable is not written yet, but so far it has been done to enable students to study. Assessment of Process Standard based Teaching and Learning at SMP One Barru is not on process standard fulfillment yet, mainly in the mechanism and procedures of assessment, on the assessment of educator, and the assessment of school level. About the mechanism and procedures of assessment is teacher don’t announce the students’ lesson gains of a daily exercise before held the next daily exercise, then form of the way of next treatment that doesn’t arranged well. For the assessment of educator is teachers don’t return the assessment of students’ work and from the school level assessment is teachers arrange the standard of minimal successful score criterion don’t based on the curriculum that suggest to consider three aspects like; subjects characteristic, school support, and students’ intake.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:10
Last Modified: 15 Jul 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item