Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Spasial

Tarbum, Jordy Winalda (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Spasial. Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kecerdasan spasial rendah, kecerdasan spasial sedang, dan kecerdasan spasial tinggi, serta untuk menunjukkan perbedaan kesalahan yang muncul di antara siswa dengan kategori kecerdasan spasial masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kecerdasan spasial kepada siswa kelas XII MIA 1 MAN 1 Makassar yang kemudian dari hasil tes tersebut dipilih tiga subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Selanjutnya ketiga subjek tersebut diberikan tes soal cerita materi bangun ruang, dimana berdasarkan jawaban siswa, tidak ada siswa yang menjawab soal dengan sempurna. Hasil analisis menunjukkan: (1) Siswa dengan kecerdasan spasial tinggi lebih baik dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang dibandingkan dengan siswa berkecerdasan spasial rendah dan sedang, (2) Siswa berkecerdasan spasial tinggi jauh lebih baik dalam menggambar objek yang diinginkan dalam soal cerita materi bangun ruang, (3) Hanya subjek berkecerdasan spasial sedang dan rendah yang melakukan kesalahan menggunakan data, kesalahan ini meliputi: (a) Salah dalam memberikan ukuran pada bangun ruang yang digambar, dan (b) salah dalam menggunakan data yang tersedia dalam operasi hitung matematika, (4) Siswa berkecerdasan tinggi tidak melakukan kesalahan menginterpretasikan bahasa, hanya siswa berkecerdasan spasial sedang dan rendah yang melakukan jenis kesalahan ini, (5) Hanya siswa berkecerdasan spasial rendah yang melakukan jenis kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan, (6) Pada jenis kesalahan menggunakan teorema atau defenisi semua subjek melakukan kesalahan yaitu dalam menjabarkan rumus yang pada umunya digunakan, (7) ketiga subjek memeriksa jawabannya kembali sebelum dikumpulkan berarti siswa tidak melakukan jenis kesalahan penyelesaian tidak diperiksa kembali, (8) hanya siswa berkecerdasan spasial rendah yang melakukan kesalahan teknis, yaitu kesalahan dalam mengoperasikan bilangan desimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2018 05:01
Last Modified: 04 Jul 2018 05:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9403

Actions (login required)

View Item View Item