Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS)

Nurdianti, Nurdianti (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurdianti.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nurdianti 2015 “Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh H. Johar Amir dan Mahmuda) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peningkatan kualitas pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS) pada siswa kelas V MI Parang Boddong Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto (2) Peningkatan kualitas hasil pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS) pada siswa kelas V MI Parang Boddong Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus.setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V MI Parang Boddong Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas proses pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS) pada siswa kelas V MI Parang Boddong Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto mengalami peneingkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I, Guru belum melaksanakan pembelajaran secara maksimal, sehingga berdampak negative pada siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh keaktifan siswa mencapai 77,64% siswa aktif, meningkat sebanyak 36,11%. (2) kualitas hasil pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Preview Question Read Summary (PQRS) pada siswa kelas V MI Parang Boddong Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 67 dan pada siklus II nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 80 meningkat sebanyak 13. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa metode Preview Question Read Summary (PQRS) efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia agar menggunakan metode Preview Question Read Summary (PQRS) dalam keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item