Penguasaan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri

Fiscarina, Riska (2018) Penguasaan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
RISKA FISCARINA 1655045007 (ARTIKEL).pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

. 2018. . Dibimbing Oleh () dan () Pembelajaran bahasa daerah di SMP Negeri 1 Donri-Donri menggunakan KTSP. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kalimat aktif dan pasif siswa dalam bahasa Bugis. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui penguasaan kalimat aktif dan pasif siswa melalui aspek ketepatan pola, ketepatan ina dan anaq sureq, dan ketepatan imbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah sampel cluster, jadi sampelnya adalah kelas VIII. 2 (21 orang) dan kelas VIII. 3 (21 orang). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis melalui instrument 10 nomor. Masing-masing 5 kalimat aktif dan 5 kalimat pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kalimat aktif dan pasif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng dikategorikan mampu. Karena dari hasil data yang telah dianalis, siswa yang mendapatkan nilai 75-100 adalah seluruh sampel (41 orang) dan menunjukkan 100%. Sedangkan untuk penguasaan kalimat pasif, jumlah siswa yang mendapatkan nilai 75-100 adalah 40 orang (97,5), dan siswa yang memperoleh nilai 0-74 adalah 1 orang (2,5%). Kata Kunci: Penguasaan, Kalimat Aktif, Kalimat Pasif, Bahasa Bugis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:40
Last Modified: 02 Jul 2018 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item View Item