Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar

Aswar, Nurul (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran membaca dengan menggunakan teknik Ecola pada siswa kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa serta hasil pembelajaran membaca siswa kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar dengan menggunakan teknik Ecola. Lokasi penelitian di SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar dengan sumber data kelas XII. Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta tes hasil membaca dengan menggunakan teknik Ecola. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan teknik Ecola mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I masih kurang maksimal disebabkan beberapa kegiatan pembelajaran yang tidak dilaksanakan dengan baik. Demikian pula dengan kegiatan siswa pada siklus I berada pada kategori kurang aktif disebabkan motivasi, respon, dan pemahaman siswa dalam belajar masih kurang. Berbeda dengan siklus I, pada siklus II guru dan siswa tampak menjalin kerja sama yang baik. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penilaian siklus I menunjukkan 17 orang (61%) siswa berada pada kategori baik (75 – 84) dan sebanyak 11 orang (39%) siswa berada pada kategori cukup (60 – 74 ) dan tidak ada seorang pun (0%) siswa yang berada pada kategori sangat baik, kurang, dan sangat kurang. Hasil penilaian siklus II menunjukkan 12 orang (40%) siswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat baik (85 – 100), dan 16 orang (57%) siswa memperoleh nilai dengan kategori baik (melampaui KKM 75), serta tidak ada seorang pun (0%) siswa yang berada pada kategori cukup, kurang, dan sangat kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan hasil pembelajaran membaca siswa kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar dengan menggunakan teknik Ecola telah berhasil dan mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru bidang studi bahasa Indonesia untuk menggunakan teknik Ecola dalam pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jul 2018 00:25
Last Modified: 02 Jul 2018 00:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9378

Actions (login required)

View Item View Item