Penerapan Metode Glenn Doman dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang

ANTON, KARTINI (2013) Penerapan Metode Glenn Doman dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan Penerapkan metode Glenn Doman pada anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang, 2) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan anak-anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang, dan 3) Apakah penerapan metode Glenn Doman dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Pinrang. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan desain penelitian pretest dan posttest one group design. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan tes. Subjek penelitiannya terdiri dari 20 orang anak di taman kanak-kanak Pertiwi Pinrang dari populasi sebanyak 100 orang anak. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial Wilcoxon dengan bantuan SPSS 17,0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak sebelum diberi perlakuan kecenderungannya berada pada kategori rendah dan sedang, tetapi setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dimana kemampuan membaca anak kecenderungannya berada pada kategori sedang dan tinggi. Analisis inferensialnya menunjukkan ada pengaruh penerapan metode Glenn Doman terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di taman kanak-kanak Pertiwi Pinrang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Jul 2018 23:53
Last Modified: 01 Jul 2018 23:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item