Pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa untuk Anak Usia Dini di TK Putri Rhamadani di Parepare

YUSRIYANTI (2013) Pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa untuk Anak Usia Dini di TK Putri Rhamadani di Parepare. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumusan masalah penelitian adalah (i) bagaimanakah deskripsi implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa terhadap erly chilhood di TK Putri Ramadhani (TK Putri Rhamadhani) di Parepare? dan (ii) apa peran guru terhadap implementasi budaya dan karakter bangsa terhadap masa kanak-kanak di TK Putri Rhamadhani di Parepare? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk anak usia dini, (ii) peran guru pada pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk anak usia dini di TK Putri Ramadhani di Parepare . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di TK Putri Ramadhani di Parepare. Data yang diperoleh dari penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (i) asal-usul pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa terhadap chilhood awal, yang diintegrasikan ke semua indikator pada pengembangan kurikulum pendidikan chilhood awal adalah agama dan nilai-nilai moral, kemandirian sosial emosional. , bahasa, kognitif, dan fisik. Metode pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk anak usia dini dibangun melalui teladan, pembiasaan, dan pengulangan pada dasar sehari-hari. Pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah penanaman nilai-nilai agama, jujur, toleran, disiplin, pekerja keras, kreatif, independen, domokrasi, rasa ingin tahu, semangat nasionalisme, patriotik, menghargai prestasi, ramah dan komunikatif, cinta damai, suka membaca, peduli pada lingkungan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab untuk anak usia dini, (ii) peran guru pada pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk anak usia dini adalah optimalisasi peran para guru pada proses belajar mengajar, terintegrasi bahan pendidikan budaya dan karakter bangsa pada pelajaran, mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang mengembangkan karakter dan karakter mulia, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pertumbuhan dan mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa siswa, menjalin kemitraan dengan orang tua siswa dan komunitas tentang pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa, dan teladan untuk para siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jul 2018 11:36
Last Modified: 03 Jul 2018 11:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item