AZIZ, ANAS (2013) Kepemimpinan Transformasional Kepala SMAN 1 Parepare Tahun 2013. S1 thesis, PPS.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah penerapan influensi ideal kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare?, (ii) Bagaimanakah penerapan motivasi inspiratif kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare?, (iii) Bagaimanakah penerapan stimulatif intelektual kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare?, (iv) Bagaimanakah penerapan konsideratif individual kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare?, (v) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam pengembangan SMAN 1 Parepare? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) Penerapan influensi ideal kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare; (ii) Penerapan motivasi inspiratif kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare; (iii) Penerapan stimulatif intelektual kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare; (iv) Penerapan konsideratif individual kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare; (v) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dalam pengembangan SMAN 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) influensi ideal kepemimpinan transformasional adalah memberikan keteladanan kepada setiap warga sekolah dalam melaksanakan tugas tanpa intervensi langsung dengan prinsip mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, dan jujur serta bertanggungjawab dalam penggunaan dana bantuan pengembangan sekolah demi untuk meningkatkan status sekolah baik sarana maupun prasarana, (ii) motivasi inspiratif kepemimpinan transformasional adalah memberikan harapan kepada warga sekolah yang berprestasi dan yang berinovasi dalam mengimplementasikan visi dan misi sekolah dalam pengembangan mutu sekolah dengan cara pemberian reward dalam bentuk finansial dan penghargaan, (iii) stimulatif intelektual kepemimpinan transformasional adalah memberikan dorongan kepada warga sekolah agar berperan aktif terhadap kegiatan yang diembankan kepadanya, dan melakukan pendekatan demokratis untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam proses stimulasi, (iv) konsideratif individual kepemimpinan transformasional adalah dengan menunjukkan empati kepada warga sekolah terhadap permasalahan atau kesulitan yang dihadapi baik dalam pengembangan karir maupun kenaikan pangkat atau golongan, dan (v) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kepemimpinan transformasional dalam pengembangan SMAN 1 Parepare adalah faktor strategi, akan tetapi pengembangan sekolah semakin hari semakin baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 07:24 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 07:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9367 |
Actions (login required)
View Item |