Peran Komite Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityan Gowa

YANI, AHMAD (2013) Peran Komite Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran komite sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, mediator, dan sejauhmana efektivitas pelaksanaan peran komite tersebut di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-Fityan Gowa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah ketua komite SMP IT Al-Fityan Gowa, adapun sumber data yang lain yakni kepala sekolah, ketua yayasan, dan guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman dengan aktivitas sebagai berikut reduksi data, penyajian data, pemeriksaan keabsahan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran peran komite sekolah di SMPIT Al-Fityan Gowa ditinjau dari aspek kualifikasi pendidikan dan struktur keorganisasian komite sekolah dipandang cukup mampu menjalankan perannya berdasarkan keempat indikator pelaksanaan peran komite sekolah yakni pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator. Namun hal tersebut tidak berbanding lurus dengan kenyataan di lapangan, dimana peran komite berdasarkan kajian yang dilakukan terkait pelaksanaan peran komite di SMP IT Al-Fityan dikategorikan sangat minim, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya : a) minimnya sosialisasi tentang peran dan fungsi komite kepada orang tua/wali siswa, masyarakat, dan stakeholder lainnya mengenai peran dan fungsi komite sekolah, b) komite sampai saat ini belum didukung perangkat organisasi lain seperti AD/ART dan ruang kerja, dan c) kesibukan pengurus yang sebagian besar bekerja di tempat lain juga turut memberikan andil terhadap terhadap pelaksanaan peran komite. (2) Efektivitas peran komite ditinjau berdasarkan indikator pelaksanaan peran komite baru pada tahap berpartisipasi dalam memberikan pertimbangan berupa masukan dan pengesahan terhadap RAPBS, dan RKS/RPS serta memberikan dukungan dana berupa iuran BPP setiap bulannya, begitu juga dengan perannya sebagai pengontrol hanya sebatas memantau pelaksanaan program sekolah dan hasil pembelajaran sedangkan perannya sebagai mediator hanya dilakukan apabila terkait dengan mediasi dengan orang tua dengan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2018 00:41
Last Modified: 28 Jun 2018 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item