KeefektifanStrategiCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)dalamPembelajaranMenulisKaranganArgumentasipadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 BuaPonrangKabupatenLuwu

YULISMAYANTI, YULISMAYANTI (2017) KeefektifanStrategiCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)dalamPembelajaranMenulisKaranganArgumentasipadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 BuaPonrangKabupatenLuwu. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
YULISMAYANTI.pdf

Download (60kB) | Preview

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifanstrategi cooperative integrated reading and compositiondalampembelajaranmenuliskaranganargumentasipadasiswakelas X SMA Negeri 1 BuaPonrangKabupatenLuwu. Jenispenelitianiniadalaheksperimendenganmenggunakandesainpenelitian true eksperimen.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X SMA Negeri 1 BuaPonrangKabupatenLuwutahunajaran 2016/2017 sebanyak 245 orang.Penarikansampelpadapenelitianinidenganmenggunakantekniksecaraacakterpilihkelas X4 sebagaikelaseksperimendankelas X6 sebagaikelaskontrol.Instrument yang digunakandalampenelitianiniberupatesuraian.Bentuktesuraian yang dimaksuddalam instrument penelitianiniadalahtugasmenuliskaranganargumentasimelalupenggunaanstrategicooperative integrated reading and composition (CIRC) padakelaseksperimendankelaskontroltidakdiberikanperlakuan. Data yang diperolehdarianalisissecarastatistikdeskriptifdanstatistikinferensialuji-t.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaan yang signifikanantarapembelajaranmenuliskaranganargumentasi yang menggunakanstrategicooperative integrated reading and composition (CICR) denganpembelajaranmenuliskaranganargumentasi yang menggunakanmetodekonvensionaldankemampuanmenuliskaranganargumentasiantarakelompok yang diberiperlakuanefektifdigunakansebagaistrategipembelajaranmenuliskaranganargumentasipadasiswakelas X SMA Negeri 1 BuaPonrangKabupatenLuwu. Keefektifanmenuliskaranganargumentasiditunjukkandenganhasilperhitunganuji-t.padaPretest danPosttest kelaseksperimendiperoleh t hitung (th) adalah 5.159 dengandf 31 diperolehnilai p 0,000. Nilai p lebihkecildaritarafsignifikansi 5% (0,000 < 0,05) menyatakanpembelajaran di kelaseksperimenefektif. padaPretest danPosttest kelaskontroldiperoleh t hitumg (th) 5.697 dengandb 31 dandiperolehnilai p 0,000. Nilai p lebihkecildaritarafsignifikansi 5% (0,000 < 0,05). Jadistrategi CIRC efektifdigunakanpadakelaseksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:31
Last Modified: 26 Jun 2018 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9350

Actions (login required)

View Item View Item