EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

SULASTRI, SULASTRI (2017) EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PEREMPUAN YANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang mengerjakan skripsi akan merasakan perubahan emosional seperti sedih, cemas, takut, khawatir, gelisah, merasa bersalah, dan malu yang berujung pada stres. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mampu meregulasi emosi yaitu tidak mampu mengatur dan mengelola secara efektif emosi yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa perempuan yang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah pelatihan regulasi emosi efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa perempuan yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UNM. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai U-test = 10,5 dengan nilai signifikan p = 0,008 (p<0,05), artinya pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Kata kunci: Pelatihan regulasi emosi, Stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:51
Last Modified: 26 Jun 2018 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item