Hubungan customer service orientation dengan strategi emotional labor dan emotional exhaustion pada karyawan sales di PT. Toyota Hadji Kalla Makassar

Fajriani T, (2018) Hubungan customer service orientation dengan strategi emotional labor dan emotional exhaustion pada karyawan sales di PT. Toyota Hadji Kalla Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Customer service orientation merupakan faktor yang dapat mempengaruhi strategi emotional labor dan emotional exhaustion pada karyawan. Karyawan yang tidak memiliki customer service orientation tinggi cenderung menggunakan strategi deep acting dalam melayani dan akan memicu timbulnya emotional exhaustion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara customer service orientation dengan strategi emotional labor dan emotional exhaustion pada karyawan sales. Data pada penelitian ini menggunakan 3 (tiga) buah skala, dengan jumlah sampel 88 orang (N=88). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Spearman Rho. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara customer service orientation dengan strategi emotional labor dan emotional exhaustion pada karyawan sales PT. Toyota Hadji Kalla Makassar. Hasil dari penelitian ini yaitu, pada hipotesis la adalah r = 0,424 dan p = 0,000, dimana p < 0,0 I. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi skor customer service orientation pada individu maka semakin tinggi strategi deep acting yang dimiliki karyawan. Pada hipotesis lb adalah nilai r = 0,107 dan p = 0,301, dimana p > 0,05. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan negatif antara customer service orientation dengan strategi surface acting pada karyawan sales di PT. Toyota Hadji Kalla Makassar. Pada hipotesis 2 adalah r = -0,024 dan p = 0,024 dimana p < 0,05. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi skor customer service orientation yang dimiliki individu maka semakin rendah emotional exhaustion yang dimiliki karyawan. Customer service orientation merupakan faktor penting yang dapat mengurangi emotional exhaustion dan membedakan bentuk strategi emotional labor yang digunakan oleh karyawan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2018 23:56
Last Modified: 02 Aug 2018 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item