PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

AGUSTINA, DEWI RAHMAWATI (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
DEWIlatar.pdf

Download (70kB) | Preview

Seiring dengan perkembangan zaman, Indonesia tidak mampu menghindar dari dampak globalisasi. Hal tersebut diperlukan kearifan dalam memahami pengaruh dan dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan saat ini. Disadari atau tidak, globalisasi juga telah membawa perubahan pergeseran gaya hidup lingkungan keluarga yang seringkali menimbulkan dampak memudarnya komunikasi antar anggota keluarga. Dengan kata lain dari keluarga, anak-anak bangsa negeri ini perlu diarahkan secara optimal untuk meraih manfaat dari nilai positif dan segala macam bentuk perubahan globalisasi. Disamping itu harus ada sinergi antara pendidikan yang berlangsung di lingkungan keluarga dengan pendidikan yang berlangsung di sekolah. Menurut Arikunto (1997:4) bahwa dalam proses pendidikan ada lima faktor yang berpengaruh yaitu : (1) guru dan personil lainnya, (2) bahan pelajaran, (3) metode mengajar dan sistem evaluasi, (4) sarana penunjang dan (5) sistem administrasi. Kelima faktor tersebut di lingkungan sekolah. Sebuah pendidikan mempunyai tiga komponen utama yaitu guru, siswa dan kurikulum. Ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan komponen-komponen tersebut berada di lingkungan sekolah agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2018 07:01
Last Modified: 25 Jun 2018 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item