Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Kelas XI Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa

Syahriani, (2012) Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Kelas XI Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa. S2 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) adalah bentuk pembelajaran yang merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individual. Siswa tetap dikelompokkan tetapi setiap siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao yang berjumlah 20 orang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI IPA Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 88,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 96, 45, (2) Pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pada kelas XI IPA Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 45,60 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,00, (3) Pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada kelas XI IPA Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:15
Last Modified: 22 Jun 2018 04:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item