Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar

Musdalifa, Musdalifa (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)

Dari observasi awal diketahui bahwa peserta didik kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini menyebabkan sebagian besar peserta didik tidak dapat mencapai nilai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT), bagaimana gambaran aktivitas peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT), bagaimana hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakian model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dan bagaimana respon Peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT), untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar. Dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT) di kelas X_4 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, keaktifan peserta didik, terhadap materi pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sebagai tindak lanjut disarankan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam proses belajar mengajar dan bagi pendidik dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) sebagai pertimbangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data diatas maka dapat disimpulkan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik di kelas X_4 SMA Negeri 20 Makassar. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:18
Last Modified: 08 Jun 2018 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item