Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas VII A MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng

Mubaraq, Mubaraq (2018) Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas VII A MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kwalitas belajar matematika melalui model pembelajaran langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing – masing siklus sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi, dan tes dalam bentuk uraian. Analisis data hasil penelitian yang diperoleh setelah penerapan model pembelajaran langsung adalah : (1) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata – rata yaitu 67,50 dengan standar deviasi 11,97, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 55,88% dari skor ideal yaitu 100. Pada siklus II skor rata – rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu 77,41 dan tetap berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 10,13, ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat menjadi 91,18% dari skor ideal yaitu 100. (2) Aktivitas yang diajukan oleh siswa meningkat berdasarkan rata – rata perbandingan respon negatif dan positifnya pada kedua siklus, masing – masing yaitu 0,30 dan 0,16. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A MTs. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jun 2018 05:59
Last Modified: 15 Aug 2018 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9237

Actions (login required)

View Item View Item