Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika kontekstual saintifik yang mengakomodasi multiple intelegensi siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Takalar Kab. Takalar

KARMILA, KARMILA (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika kontekstual saintifik yang mengakomodasi multiple intelegensi siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Takalar Kab. Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development in Education). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika kontekstual saintifik yang mengakomodasi multiple intelegensi siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Takalar yang falid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dimaksud mencakup: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (4) Lembar penilaian. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan model Plomp yang terdiri atas 4 tahap yaitu Tahap pendefinisian ( define ), perancangan ( design ) , pengembangan ( develop )dan penyebaran ( disseminate ).sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu perangkat pembelajaran yang siap diimplementasikan lebih luas. Setelah di uji validitas dan reliabilitas, keseluruhan komponen perangkat pembelajaran dan instrumen (prototipe) dinyatakan valid dan reliabel dengan revisi kecil, oleh karena itu dilakukan revisi atau perbaikan berdasarkan saran para ahli dan diperoleh prototipe II dan selanjutnya di ujicobakan. Proses ujicoba dilakukan untuk menghasilkan perangkat yang praktis dan efektif Pada proses ujicoba perangkat yang dihasilkan sudah praktis karena semua aspek dalam komponen perangkat terlaksana sebagian besar. Begitupun juga perangkat sudah dianggap efektif karena aktivitas siswa telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi, sebagian besar siswa memberi respon positif terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan metode bermain peran pada meteri Aritmatika Sosial dan seluruh siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang layak untuk digunakan. Berdasakan implikasi dari hasil penelitian ini, disarankan: (1) Bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini, diharapkan mencermati keterbatasan penelitian, sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini, dan (2) pengembangan perangkat pembelajaran seperti ini seyogyanya juga dilakukan pada pokok bahasan lain ntuk membuat siswa tertarik, senang, dan aktif dapat mengkonstruksi pengetahuannya dalam belajar matematika. ABSTRACT KARMILA. 2016. The Devolepment of Mathemathics kontestual scientific accommodation multiple itelegenci Material aritmetica social in Class VII at SMP Negeri 5 in Takalar District (supervised by Nurdin Arsyad and Jufri). This research is a development research which aims to develop mathematics kontekstual scientific accommodation multiple intelegensi material aritmetica social in class VII at SMP which is valid, practical and effective. The referred learning devices cover: (1) lesson plan, (2) student worksheet, and (3) assessment sheet. The procedur of development of learning package reffered to Plomp model which consists of stages, namely defining, design, development, and disseminate. After testing the validity and reliability, the whole components of the learning device and instrument (prototype) were stated as valid and reliable with minor revision. Thus, revision and corretion were done based on the suggestions from the experts and obtained prototype II, and then tested. The testing process was done to produce practical and effective device. In testing process, the device which was produced had already been practical because all aspect in the device component mostly implemented. The device also considered effective because the students’ activyty had fulfilled the set criteria, the teachers’ ability in learning management was in high category, mostly the students gave positive response toward the learning based on project with role playing method in social aritmatic material, and all the students had reached the minimum mastery criteria. Thus, the developed learning device fulfilled the terms of appropriateness, practical and effectiveness. Based on the implications of the result of this reseach it is sugested that: (1) the reseachers who wish to develop further study, are expected to notice the research limitations, so that the next research can complete the result of this study, and (2) the development of the learning device such this type should done to other topics to make students interested, enjoy, and active, which can construct their knowledge in learning Mathematics.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:24
Last Modified: 08 Jun 2018 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item