Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen Kabupaten Enrekang

Maya Sari, Tika (2013) Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen Kabupaten Enrekang. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui(1) Kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Di Belajen. (2) persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Di Belajen. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKndi SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen. Populasi penelitian ini adalahsiswa SMA MuhammadiyahKalosi di Belajen pada tahun ajaran 2012/2013 dengan keseluruhan jumlah siswa adalah 477 orang dan 2 guru mata pelajaran PKn. Sedangkan sampelnya adalah 36 orang siswa dan 2 guru mata pelajaran PKn. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 2 orang perwakilan dari setiap kelas mulai dari kelas X ada 6 kelas dan dari kelas XI ada 6 kelas dan kelas XII ada 6 kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan distribusi frekuensi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Guru secara efektif dan efesien dapat menggunakan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen; (2) Adanya persepsi yang positif dari siswa terhadap kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen; (3) Faktor pendukung dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen yaitu: kemampuan guru menggunakan media, kesesuaian media dengan indikator, dan kemampuan siswa memahami media, Faktor penghambat dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam penggunaan media pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Kalosi di Belajen yaitu:pengadaan media yang masih kurang terutama media audiovisual dan keterbatasan kemampuan guru dalam menyediakan media pembelajaran.Berdasarkan hasi lpenelitian, hal ini menunjukkan bahwa guru efektif menggunakan media pembelajaran PKn sehingga menimbulkan persepsi yang positif dari siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Jun 2018 01:03
Last Modified: 08 Jun 2018 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9224

Actions (login required)

View Item View Item