Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar

ROSNAENI, ROSNAENI (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar ekstrinsik siswa kelas X MAN 1 Makassar dan gambaran hasil belajar bidang studi ekonomi pada siswa kelas X MAN 1 Makassar serta pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar bidang studi ekonomi pada siswa kelas X di MAN 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Makassar, yang berjumlah 270 siswa.Karena jumlah populasi yang relatif besar dan tidak dapat diteliti semua sehingga perlu untuk menentukan sampel dari populasi tersebut sehingga penentuan sampel sebanyak 25 % dari populasi yaitu sebanyak 73 siswa.pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar ekstrinsik pada bidang studi ekonomi kelas X MAN 1 Makassar tergolong dalam kategori sedang. Ditinjau dari aspek motivasi belajar ekstrinsik menurut Yusuf.Hasil belajar siswa bidang studi ekonomi kelas X MAN 1 Makassar tergolong tinggi ditinjau dari aspek kognitif siswa.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif yang tidak signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar bidang studi ekonomi siswa kelas X MAN 1 Makassar. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y = 71,182 + 0,078X, dengan koefisien determinasi sebesar 0,011 atau 1,1%, dan diperoleh besarnya pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai r hitung adalah 0,105berada pada interval 0,00-0,199yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori sangat rendah. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) dengan hasil thitung ≤ ttabel yaitu 0,893 ≤ 1,676yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Jun 2018 07:05
Last Modified: 07 Jun 2018 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9220

Actions (login required)

View Item View Item