Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X.2 Makassar

Afriani, Lilis (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X.2 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
10.bab 1.docx

Download (32kB)

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui aktifitas peserta didik selama proses mengajar mengajar, meningkatkan hasil belajar peserta didik pada standar kompotensi memahami Produk Domestik Bruto,(PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PDB), Pendapatan Nasional (PN). Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas X.2MAN 1 Makassar yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persentase hasil belajar peserta didik sebelum tindakan sebesar 6,06 persen yang berada pada kategori tuntas dan 93,94 persen pada kategori tidak tuntas. 2) Diperoleh persentase nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 57,57 persen pada kategori tuntas dan 42,43 persen pada kategori tidak tuntas. Pada siklus II persentase nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 98,94 persen pada kategori tuntas dan 3,03 persen pada kategori tidak tuntas. 3) Dari lembar hasil observasi peserta didik dan pendidik terjadi peningkatan di dalam kelas. 4) Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik mengenaipenerapan model pembelajaran Problem Based Learningberbasis karakter menunjukkan bahwa peserta didik menyatakan suka dan senang terhadap proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X.2 MAN 1 Makassar. Kata Kunci: Problem Based Learning, , dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Jun 2018 07:00
Last Modified: 07 Jun 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item