NURMAYANTI (2013) Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran PKn siswa kelas IX 1 SMP Negeri 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diploma thesis, FIS.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IX 1 SMP Negeri 1 Marioriwawo Kab. Soppeng melalui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Subyek penelitian kelas IX 1 SMP Negeri 1 Marioriwawo Kab. Soppeng pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi yang dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) selama 2 siklus adalah terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian, hal ini dapat dilihat dari indikator keaktifan siswa yaitu; indikator menyimak penjelasan guru meningkat dari 13,33% menjadi 29,41%, indikator bekerjasama dalam kelompok juga mengalami peningkatan dari 26,67% menjadi 35,29%, indikator mengemukakan pendapat dalam kelompok pada siklus I sebesar 20,00% meningkat pada siklus II sebesar 41,18%, indikator memberi gagasan atau ide yang cemerlang pada siklus I sebesar 13,33% meningkat pada siklus II sebesar 35,29%, dan indikator menyelasaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu juga mengalami peningkatan dari 13,33% menjadi 35,30% pada siklus II. Pembelajaran dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Hal ini sesuai dengan hasil refleksi yang pada umumnya memberikan tanggapan positif tentang pendekatan yang dilaksanakan. Hasil PTK ini nampak sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam PTK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 03:47 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 03:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9184 |
Actions (login required)
View Item |