Pengembangan Modul Bimbingan Belajar Mandiri Untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa SMA Negeri 7 Takalar

AMIN, MUHAMMAD (2018) Pengembangan Modul Bimbingan Belajar Mandiri Untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa SMA Negeri 7 Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal tesis.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul bimbingan belajar“mandiri” pada SMANegeri7 Takalar yangmemiliki validitas dan layak pakai, serta keefektifan modul bimbingan belajar “mandiri”untuk menurunkan stres akademik siswa.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development.Proses penelitian pengembangan ini melalui tahap yakni: tahappenelitian awal dan pengumpulan informasi, tahapperencanaan, tahappengembangan produk awal, validasi ahli, dua tahap uji coba,dan dua tahaprevisi. Modul yang dikembangkan memuat materi kemandirian belajar, keterampilan belajar mandiri, strategi belajar dan motivasi belajar.Validasi ahli materi satu orang dan satu orang ahli media serta satu orang praktisi. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas XI. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatifPenilaian modul bimbingan belajar mandiri menurut ahli materi dalam kategori “Sangat layak”. Penilaian kelayakan modulberdasarkan validasi ahli media kategori “Layak”, sedangkan penilaian praktisi kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok besar menggunakan metode Pre-Experimental Design dengandesainOne Group Pretest- Postest Design.Melalui uji t dapat disimpulkan bahwa penggunaanmodul bimbingan belajar “mandiri” memiliki pengaruh positif untuk menurunkan stres akademik siswa SMA Negeri 7 Takalar. Kata kunci:belajar mandiri, modul, stresakademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:00
Last Modified: 06 Jun 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item View Item