Pelaksanaan Post Tes dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Balocci Kabupaten Pangkep

ERNIWATI (2013) Pelaksanaan Post Tes dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Balocci Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan post tes dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran PKn, untuk mengetahui kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan post tes, dan untuk mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengatasi kendala pelaksanaan post tes. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Balocci Kabupaten Pangkep tahun ajaran 2012/2013 yaitu sebanyak 266 siswa dari 10 kelas yang ada, sedangkan jumlah sampel ditetapkan dengan menggunakan sampling acak yaitu sebesar 30% dari jumlah populasi sehingga didapat 89 siswa. Dari 89 siswa ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi, dan observasi. Selain itu penelitian ini juga dilakukan dengan wawancara langsung kepada 2 guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 2 Balocci sebagai informan. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan post tes pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dengan adanya penyampaian pelaksanaan post tes siswa lebih termotivasi untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dalam proses pembelajaran. Adapun kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan post tes pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, antara lain kurangnya kemampuan guru untuk mengalokasikan waktu, adanya siswa yang menyontek sehingga hasil post tes bukan berdasarkan gambaran kemampuan siswa. Adapun solusi yang ditawarkan antara lain perlu pengalokasian waktu yang tepat dengan mempertimbangkan jumlah soal dan bentuk soal yang akan diberikan kepada siswa, serta pemberian soal kepada siswa secara acak dan pengawasan yang ketat untuk menghindari siswa saling menyontek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 02:54
Last Modified: 06 Jun 2018 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9179

Actions (login required)

View Item View Item