Perbandingan Tingkat Efektivitas Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Tipe TGT (Team Game Tournament) pada Siswa Kelas III SD Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa

Islamiyah, Nurul (2018) Perbandingan Tingkat Efektivitas Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Tipe TGT (Team Game Tournament) pada Siswa Kelas III SD Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nurul Islamiyah.docx

Download (67kB)

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: 1) Hasil belajar IPS murid sebelum dan setelah penerapan model pembelajarankooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together) pada murid kelas III SD SwastaTerpadu Bani Rauf KabupatenGowa, 2) Hasil belajar IPS murid sebelum dan setelah penerapan model pembelajarankooperatiftipeTGT (Team Game Tournament) pada murid kelas III SD SwastaTerpadu Bani Rauf KabupatenGowa, 3) Apakahadaperbedaantingkat efektivitas hasilbelajar IPS murid kelas III yang dibelajarkanmelalui model pembelajarankooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together) dengantipe TGT (Team Game Tournament) di murid kelas III SD SwastaTerpadu Bani Rauf KabupatenGowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (queasy eksperimental). Populasidalampenelitianiniadalahseluruh murid kelas III SD SwastaTerpadu Bani Rauf KabupatenGowa dan sampelnya adalah kelas IIIA dan kelas IIIB dengan jumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dengan menggunakan instrumen RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), lembar observasi aktivitas peserta didik (LKPD), Lembar observasi aktivitas Guru (LOAG), dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Hasil belajar IPS murid sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) adalah rata-rata 58,74 atau berada pada kategori rendah, sedangkan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) adalah rata-rata 73,37 atau berada pada kategori tinggi, 2) Hasil belajar IPS murid sebelumpenerapan model pembelajaran kooperatiftipe TGT (Teams Game Tournament) adalah rata-rata 63,241 atau berada pada kategori rendah, sedangkan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTGT (Teams Game Tournament)adalah rata-rata 80,62 atau berada pada kategori tinggi, 3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS murid yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)dengan hasil belajar IPS murid yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeTGT (Team Game Tournament) . Kata Kunci : Hasil belajar IPS,model pembelajaran kooperatiftipeNHT, danmodel pembelajarankooperatiftipeTGT

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:53
Last Modified: 06 Jun 2018 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9176

Actions (login required)

View Item View Item